Tips Memulakan Bisnes Kecil..


Mungkin tips ini kurang begitu populer buat kawan-kawan yang sudah matang dengan limpahan modal yang besar. Tapi, berangkat dari pengalaman, baik dari pribadi maupun dari kampiun bisnis, boleh jadi tips ini merupakan tips bisnis yang manjur.

Sebelum menemukan dunia perniagaan, saya sudah melakukan beberapa bisnis kecil-kecilan. Namun demikian, banyak yang rontok ditengah jalan. Berikut ini, riwayat bisnis yang pernah saya alam.

1. Makanan kering di Balikpapan. Makanan saya datangkan dari Jawa, dan akhirnya saya tutup.

2. Sempat ngimpor sandal dari Jawa Timur, akhirnya macet juga.

3. Ternak kambing, ini saya kembangkan di Blitar, dengan sistem gaduh untuk membantu guru-guru TPA. Alhamdulillah jalan, sebenarnya ingin mengembangan kedalam skala yang lebih besar. Namun setelah saya evaluasi nampaknya kurang memungkinkan

4. Menanam ubi Cilembu, tertarik ubi ajaib dari Cilembu-Pamulihan-Sumedang ini, saya coba kembangkan di kampung saya, namun ternyata si ubi madu ini berubah rasa. Maka, usaha inipun saya hentikan.

5. Digital printing, alhamdullillah kini sedang kita kembangkan.

6. Dan terakhir adalah grosir baju muslim. Alhamdulillah, usaha ini nampaknya yang paling cocok dengan karakter saya yang suka design grafis & fotografi.

Belajar dari rentetan memulai bisnis ini, ternyata kita semua memiliki nilai kegagalan tertentu. Saya berprinsip, kegagalan itu harus dihabiskan, syukur-syukur sebelum 40 tahun.

Kemudian, pelajaran lain. Sebelum kita terjun kedalam dunia bisnis yang akan menjadi pilihan kita, perlu kita uji dulu, apakah bisnis ini layak dikembangkan atau tida. Ada profit dan pelanggannya tida serta bagaimana prospek kedepannya.

Untuk meraba bisnis yang akan kita pilih, ada baiknya lakukan test & measure. Untuk itu, mulailah dari yang terkecil, jika bisnis dinilai layak tumbuh, seriusi dan fokus serta tekun, jika tidak, ya tinggalkanlah. Insya Allah, akan ada jalan terbaik untuk pilihan bisnis kita.

Langkah ini, akan meminimalkan modal dan waktu anda. Jangan sampai sudah invest gede, ternyata tidak membuahkan hasil. Dan, carilah yang terdekat dengan kaki anda, sebelum meneropong peluang bisnis yang jauh dari diri anda.

Kunci dari semua ini adalah 'just do it'
Gagasan yang luar biasa, ide bisnis yang luar biasa, akan hanya menjadi bunga tidur jika tidak dieksekusi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments: