Peluang Bisnis Busana Muslim Sangat Prospektif

Mengapa saya begitu optimis dengan statement diatas. Karena saya melihat
pertumbuhan potensi kastemer busana muslim yang terus meningkat.

Pertama dari sisi potensi market, Indonesia mayoritas muslim,
setidaknya ada 86% penduduk Indonesia mengaku muslim.

Kedua, ada indikasi yang kuat naiknya tingkat kesadaran masyarakat
muslim akan menjalankan syariat. Ini bisa kita lihat betapa maraknya
TK/SD IT di beberapa kota. Belum lagi menjamurnya majelis taklim di kota
dan di desa. Indikasi riil adalah, betapa meningkatnya orang menggunakan
busana muslim & jilbab dalam setiap event.

Ketiga, bergesernya busana muslim dari busana musiman menjadi busana
harian. Dulu, orang menggunakan busana muslim saat menghadapi lebaran
atau hari besar Islam. Tapi kini tidak lagi, orang kekondangan atau anak
sekolah ke TPA sudah terbiasa menggunakan busana muslim.

Keempat, booming sinetron religi juga memberikan impak bagi produsen
busana muslim mendrive kreatifitas. Banyak sekali metode ATM (Amati,
Tiru dan Modifikasi) yang dimulai dari busana yang digunakan pesinetron.

Kelima, busana muslim sudah masuk dalam fase life style. Dulu, busana
muslim diidentikkan dengan stigma yang kuang baik, semisal kampungan,
kondangan dan pengajian. Namun, seiring dengan naiknya tingkat kesadaran
kaum muslimin akan ajaran Islam terjadi pergeseran paradigma yang kuat.
Dari sesuatu yang dihindari menjadi sesuatu yang dibutuhkan. Bahkan,
kini memakai busana muslim merupakan sarana untuk meningkatkan
kepercayaan diri. Agar tampil lebih cantik.

Hal menarik lain, mengapa peluang ini sangat besar adalah belum masuknya
usaha skala besar dalam industri ini. Jika saja kita masuk dalam
industri ini dan dikelola secara profesional, saya yakin akan tumbuh
dengan sehat dan baik. Karena dari hasil pengamatan saya, industri
garmen muslim dikelola secara home industri skala rumahan, nah jika
dikelola secara mass industri pastilah dapat mereduksi cost, control
quality yang lebih bagus dan tentu dengan kualitas desain yang wow & aha.

Belum lagi kalau dibenahi sisi distribusi dan marketingnya, pasti akan
tumbuh besar dan modern, setidaknya bisa sejajar dengan industri garmen
anak, pakaian dalam dan kaos yang selama ini telah leading dan menemukan
marketnya.

Demikian, semoga kita bisa mengambil peluang berharga ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments: