Memulai Usaha dari Nol

Keberanian memulai suatu usaha tidak muncul dengan tiba-tiba. Oleh karena itu untuk menjadi seorang pengusaha dibutuhkan tekad, rencana dan persiapan yang memadai untuk merubah nasib. Pada buku ketiga yang diterbitkan Yayasan Bina Karsa Mandiri yang berjudul “Mulai Usaha Dari Nol”, Anda dapat menyimak berbagai pengalaman bagaimana para pengusaha berhasil memulai usaha mereka dari nol. Serta bagaimana para pengusaha itu dalam menghadapi atau mengatasi kendala-kendala usaha. Bagaimana strategi mereka ketika memulai usaha baru dari nol.

Buku setebal 117 halaman ini mengungkapkan bahwa untuk menjadi seorang wirausahawan, tidak harus kaya atau memiliki banyak modal. Yang terpenting adalah keberanian dalam memulai usaha. Sebab jiwa seorang wirusaha yang murni adalah keberanian dalam memulai suatu usaha dari nol. Keberanian untuk menjadi pengusaha membutuhkan tekad dan perencanaan dan merubah nasib. Menunggu ajakan seseorang untuk membuka usaha tidak akan membuat Anda banyak belajar. Bagian yang paling sulit dalam menjalankan usaha apapun adalah “ketika Anda harus memulainya dari Nol”.

Untuk menumbuhkan motivasi dan keberanian pembaca, dengan manis penulis membeberkan kisah sukses dan kiat para pengusaha di dalam memulai suatu usaha. Karena dari sekian banyak orang yang berniat menjadi pengusaha hanya sebagian kecil yang berani memulai. Jika Anda ingin mencoba berwiraswasta, mulailah sekarang dan baca buku Seri Wirausaha Praktis ini. Sebab buku seri ketiga ini adalah kelanjutan dari buku pertama, Seri Wirausaha Praktis “Selalu Ada Peluang” dan buku ke dua “Usaha Yang Cocok Untuk Anda”.

Dengan ciri khasnya buku Seri Wirausaha Praktis berhasil mengkombinasikan antara kisah sukses para pengusaha dan teori dengan bahasa yang mudah di cerna, sederhana dan praktis sehingga bisa memberi inspirasi bahwa untuk melakukan suatu usaha tidaklah sesulit sebagaimana yang digambarkan pada buku manajemen.

Pada buku “Mulai Usaha Dari Nol” ini dikupas beragam kisah pengalaman pengusaha yang sukses memulai usaha dari nol. Ada yang mengawali bisnis dengan memahami lebih dulu bidang usaha apa yang pas untuk dijalani dan menyelidiki pasarnya. Ada yang memulai usaha dari sebuah gagasan atau memulai usaha dengan mengikuti trend bisnis yang sedang ramai dijalankan orang lain. Sebagai contoh, simak kisah Stanley Suseno, yang sukses mendirikan bisnis perjalanan wisata Wita Tour. Dengan keberaniannya membeli perusahaan travel yang sedang mengalami kesulitan dan nyaris bangkrut itu justru maju pesat setelah berada dibawah komandonya. Karena sikapnya yang selalu tanggap dalam menghadapi keinginan pelanggan dan dukungan SDM membuat bisnis wisatanya maju pesat.

Begitu juga yang dilakukan oleh Anton Priyanto yang sukses membuka usaha dengan meniru jejak pengusaha idola. Anton memulai usahanya dari bawah dan tidak menganggap modal sebagai pemikiran pertama pada saat membuka usaha. Bagi Anton yang menjadi dasar kemauannya mendirikan usaha jasa angkutan bus “Bima & Arimbi” adalah karena sikap kerja kerasnya. Pengemar wayang ini mengambil figure tokoh pewayangan sebagai nama dari bisnisnya. Ia banyak meniru tokoh pewayangan yang diidolakannya. Anton percaya nilai kejujuran adalah modal utama dalam membangun bisnis dan kejujuran dianggapnya sebagai energi yang dapat membangkitkan keperkasaan seseorang dalam membangun usaha bisnis hingga bertahan lama sama seperti semangat perkasanya Bima yang menjadi idolanya.

Bekerja selama 20 tahun sebagai penata rambut membuat Jesephine Tjen bosan dan jenuh menunggu tamu. Josephine mengisi waktunya dengan membuat kerajinan tangan untuk menghilangkan rasa bosan. Karena kebosanannya itu, ia memutuskan berhenti dan berniat membuka usaha sendiri dengan membuat boneka jepang dari kertas dan gabus. Karena tertarik mempelajari dan mempraktekannya Josephine memutuskan memproduksi boneka pengantin ala Jepang.

Buku “Mulai Usaha Dari Nol” ini dengan gamblang menjelaskan bagaimana calon wirausaha yang memiliki keinginan untuk membuka usaha. Banyak pengusaha yang berhasil membuka usaha sendiri berbekal kejujuran, ketekunan dan kerja keras.

Sebagai praktis usaha, ketiga penulis Jackie Ambadar, Miranty Abidin, dan Yanti Isa berusaha menularkan ilmu bisnis mereka kepada pembaca agar meniru jejak sukses membangun usaha. Melalui buku ini, ketiga penulis berusaha menggugah semangat pembaca dan para entrepreneur untuk lebih giat lagi dalam meraih sukses. Buku Seri Wirausaha Praktis “Mulai Usaha Dari No” ini layak dibaca karena dikemas dengan berbagai kisah kasus sukses para pengusaha dalam memulai usaha dari bawah.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

1 comments:

Aditya adji saputra said...

saya mendapatkan tugas dari guru saya yaitu mencari contoh seorang pengusaha sukses dari nol spi sukses dalam blog anda sangat benar inilah yang saya cari klu saya boleh tau siapa kah pengusaha tsb... email saya tolong bales klu bisa kirim peasan lewat fb : aditya-adjis2yahoo.com saya tunggu