Membentuk Kebiasaan Sukses

Untuk meraih apapun yang Anda impikan dalam hidup ini, ada beberapa kebiasaan yang wajib diketahui. Tak hanya itu, kebiasaan ini wajib Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ada 5 kebiasaan yang dimiliki oleh individu-individu sukses. Kebiasaan tersebut mutlak dimiliki dan Wajib Anda Terapkan untuk meraih sukses.
1. Niat + Komitmen
Mungkin kedengarannya sepele, NIAT. Ya, Anda harus memiliki niat, alias kemauan, hasrat, gairah, ambisi, dan keinginan untuk sukses. Selama ini, banyak dari kita yang tidak memiliki gairah untuk meraih sukses, hal itu pula yang menghalangi kesuksesan mendekati kita.
Yang terpenting dari sebuah niat untuk sukses adalah KOMITMEN.
Milikilah komitmen untuk mencapai yang Anda impikan. Bukan sekedar keinginan; dengan komitmen Anda akan mampu meraih cita-cita, walau bersimbah keringat maupun darah. Dengan komitmen apapun yang terjadi tidak akan menyurutkan semangat Anda. Walau badai menghadang, gunung akan didaki, lautanpun diseberangi. Itulah yang namanya komitmen.
2. Goal
Ketahui apa yang ingin Anda capai. Tulislah semua hal yang Anda inginkan. Tulis dalam bentuk kalimat positif dan uraikan sespesifik mungkin. Sebisa mungkin buat waktu tercapainya goal Anda tersebut.
Misalnya, Anda memiliki Goal, punya Mobil.
Jangan hanya berkeinginan punya mobil. Tapi ketahuilah mobil apa, warnanya, seri berapa dan sebagainya.
Misalnya, “saya ingin memiliki Mobil BMW jenis Sedan, warna Blue Silver, seri S (kalau dimasa depan masih ada)”.
Sebagai tambahan, sering-seringlah melakukan visualisasi pada goal Anda.
3. Rencanakan
Seorang pelukis saja selalu memulai dengan sebuah sketsa. Untuk mendekati sukses sebuah rencana adalah sketsa Anda. Tentunya Anda sudah sering mendengar pepatah Perencanaan adalah sebagian dari kesuksesan.
Buat perencanaan, atur waktu, buat langkah-langkah yang harus ditempuh. Atur strategi apa saja yang akan Anda lakukan untuk mencapai tujuan.
Misalnya Anda berkeinginan membuka sebuah usaha. Buatlah rancangannya, mulai dari jenis usaha, berapa dana yang diperlukan, lokasi, dan sebagainya.
Rencanakan pula tindakan apa saja yang harus Anda lakukan. Siapa yang harus Anda hubungi, apa saja yang perlu dibeli, dan kapan saja mau atur janji.
Atur pula rencana jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.
Disiplin lah dalam melaksanakan semua rencana yang telah Anda buat.
4. ACTION (Bertindaklah SEKARANG juga)
Just Do it.
Lakukan, kerjakan, laksanakan. Mulai lah melaksanakan apa yang telah Anda rancang. Mulailah sekarang juga, jalankan rencana Anda.
Pokoknya action, terus jalan, terus jalan dan jalan terus.
Dalam melakukan action yang bekerja bukanlah hanya badan atau fisik Anda saja saja. Tapi sertai juga dengan hati, dan rohani. Misalnya, jangan lupa ibadah sholat, dalam berwirausaha jangan lupa zakat, puasa.
Selain itu, kelola energi Anda dengan baik. Terus melakukan action bukan berarti Anda harus menjadi workaholic. Ingat, kesehatan Anda adalah sesuatu hal juga penting dalam meraih sukses Anda.
ACTION adalah inti dari 5 kebiasaan sukses, tanpa action semuanya tidak akan berguna. Perbanyaklah action yang menuju ke kesuksesan Anda.
Kunci KEMAJUAN adalah MELANGKAH
Mengurangi masalah adalah BERTINDAK
Meraih TUJUAN adalah MELAKUKAN
5. Monitor
Milikilah sistem monitor. Kalau-kalau saja diperjalanan Anda ada yang salah arah, Jangan takut untuk banting setir, kembali lah pada jalur yang benar.
Success Strategy: decide what do you want, take action, forget your past.
Jika Anda baru saja memulai, menerapkan 5 kebiasaan orang-orang sukses di atas. Pada awalnya, Anda akan merasa berat; kuncinya teruslah berusaha melakukannya. Sama halnya dengan saat Anda pertama kali belajar berenang akan menelan air, awal Anda belajar membawa sepeda akan terjatuh. Sekali lagi, teruslah melakukan kebiasaan orang-orang sukses jika Anda ingin sukses. Buang kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak mengarah pada kesuksesan.
Lakukan tindakan-tindakan baru, sampai menjadi kebiasaan-kebiasaan baru sehingga memberikan hasil yang baru.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments: