Bagaimana Menulis Rencana Pemasaran yang Baik?

Seringkali pemasaran dikatakan sebagai ujung tombak keberhasilan sebuah usaha. Karena sangat menentukan kelangsungan hidup sebuah usaha, sudah selayaknya pemasaran harus melewati proses perencanaan terlebih dahulu oleh pelakunya. Sementara itu merencanakan bisa dikatakan sebagai suatu proses antisipasi tentang kejadian dan kondisi di masa mendatang, dan menentukan upaya terbaik untuk pencapaian tujuan organisasi/usaha. Tentu saja untuk menyusun dengan baik sebuah perencanaan pemasaran, pemasar harus mengetahui komponen-komponen apa saja yang harus diperhatikan dalam penyusunan perencanaan.

Sebuah website beralamat www.authenticpromotion.com memuat tulisan tentang beberapa komponen yang seharusnya dimasukkan dalam membuat sebuah perencanaan pemasaran. Diantaranya adalah pernyataan pemenuhan apa yang Anda maksud, mengekspresikan terminologi (jumlah klien, pendapatan kotor dan pendapatan bersih, biaya dan sebagainya). Komponen lain yang diberikan adalah pernyataan tentang ceruk pasar yang akan diambil.

Komponen selanjutnya adalah deskripsi penawaran yang akan dilakukan, dengan penekanan bagaimana pebisnis berbeda dari pemain lainnya pada ceruk pasar yang akan diambil. Selain itu website ini juga memberikan komponen analisis sumber daya marketing dalam pembuatan sebuah perencanaan marketing. Sumber daya tersebut antara lain waktu, uang, jaringan, bakat, dan arti lain yang tersedia untuk kepentingan promosi bisnis. Terakhir, juga dituliskan komponen sebuah rencana yang fokus kepada sumber daya untuk mencipatakan hasil yang diinginkan pemasar. Aturan ‘The Three’ adalah alat pemasaran bisnis yang efektif untuk menciptakan sebuah rencana pemasaran.

Tak hanya sekedar mengetahui komponen apa saja yang seharusnya ada dalam sebuah perencanaan pemasaran, para pemasar tentu juga ingin mengetahui bagaimana menulis sebuah rencana pemasaran yang bagus. Masih di web yang sama, dikutip dari pernyataan pengarang buku seri marketing penjualan,. Jay Conrad Levinson, sebuah rencana pemasaran seharusnya memiliki 10 ciri. Adapun ciri-ciri yang dimaksud adalah:

  1. Sebuah rencana pemasaran yang bagus meringkas dan mendukung komitmen pebisnis, diri pebisnis, dan klien pebisnis seperti dinyatakan dalam sebuah program pemasaran.
  1. Perlakuan pemasaran sebagai sebuah investasi. Hal tersebut akan menunjukkan bagaimana banyak pebisnis akan menginvestasikan, pada apa, untuk berapa lama, dan dengan pengharapan kembalinya seperti apa, Ini adalah sebuah alat untuk menjadi pengurus yang bagus.

3. Garis besar penawaran yang pebisnis akan buat dan jalan membuatnya konsisten. Ini akan menetapkan kondisi kepuasan.

  1. Menceritakan bagaimana pebisnis akan membuat prospek percaya diri pada bisnis. Bahwa akan mengatakan bagaimana pebisnis akan membangun kepercayaan dan ketulusan ke dalam penawaran dan janji.
  1. Hal tersebut menjaga pebisnis pada jalur jika dengan sabar mendukung komitmen. (kesabaran adalah sebuah keahlian, bukan kebaikan.
  1. Ini termasuk bermacam arti dari penunjukan. Mulai dengan tiga jalan untuk ditempuh. Ulangi ini sampai jalan tersebut membuktikan kesuksesan, di mana permasalahan pebisnis akan berlanjut untuk melalukannya, atau sampai terbukti tidak efektif, akan menggantinya dengan metode yang lain. Tambahkan metode yang baru sesuai kapasitas sumberdaya.
  1. Menyadari bahwa keungungan datang dari bagian peningkatan yang berhubungan dengan hubungan dan penjualan. Oleh karena itu, termasuk juga sebuah komitmen untuk menindaklanjuti setelah sebuah hubungan dimulai dan membuat memaksa menawarkan untuk pendapatan mendatang.
  1. Menunjukkan bagaimana pebisnis akan mengelola bisnis sehingga nyaman untuk klien. Ini akan menyatakan bagaimana pebisnis akan dapat mengakses klien ideal.
  1. Sebuah rencana pemasaran yang bagus akan memiliki sebuah elemen kekaguman dan kegembiraan
  1. Sebuah rencana pemasaran yang bagus akan menetapkan bagaimana pebisnis akan mengukur hasil setiap cara yang ditempuh. (SH)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments: