8 Success Strategies 2009
Brand You
Authentic, Distinct, Memorable
“Brand” menjadi semakin penting dalam kehidupan kita, karena banyaknya penawaran dan alternatip. Product brand, bahkan personal brand adalah kunci sukses dimedan persaingan yang menawarkan semua yang mirip dan sejenis. Pelanggan menginginkan sesuatu yang mudah diingat dan punya kepribadian yang khas dan “Authentic”. Kita harus secara terus menerus dan sadar menguatkan “Brand” kita ketika bertemu dengan pelanggan kita.
Think Like a Fish
Emotional, Emphatic, You-First
Walaupun kita suka makan mangga, tetapi bila kita pergi memancing kita harus memakai cacing sebagi umpan kita. Kita sadar benar akan hal ini, tetapi kita sering lupa saat menawarkan jasa/produk kita kepada pelanggan kita, kita lupa memikirkan perasaan dan kebutuhannya. Untuk sukses dalam berbisnis, kita harus selalu memikiran pelanggan kita lebih dulu. Sukses kita tergantung pada kepuasan pelanggan tersebut, baik secara fisik ataupun emotional.
Use Viral Strategy
Network, Word-Of-Mouth, Heartstrings
Penjangkauan sukses akan lebih cepat bilamana ada pihak ketiga yang mau merekomendasikan kita. Word-Of-Mouth yang natural selalu jadi kunci sukses bisnis. Bilamana kita bisa melalukan “Amplification” atau percepatan proses WOM ini, maka kesuksesan akan lebih cepat terjadi. Powerpoint ini adalah contoh Viral Marketing “Brand” saya. Bilamana anda mengirimkan ppt ini keteman anda, maka teman anda senang, sayapun mendapatkan keuntungan dari “Brand” saya yang semakin tersebar. Kita harus memberikan kemudahan untuk orang lain menyebarkan “brand” kita.
Go Internet
Blog, Youtube, Friendster
Suatu siang, saya mampir di coffeeshop, tiba2 saya sadar ada banyak anak muda berinternetan disana dengan asik sekali. Pekerjaan dan hiburan menjadi satu disana. Ah, jaman baru!...Internet telah benar2 merubah wajah infrasturtur dunia. Video, percakapan, dan social nerwork kita semuanya berada disana. Generasi baru telah hidup dan bernafaskan internet. Sudah saatnya kita dan perusahaan kita menginvestkan sumber daya kita pada internet. Blog, Youtube, Friendster, Amazon, eBay, Craigslist, Wikipedia, Google, semuanya merubah cara kita hidup.
Copy From Different Industry
Relevantly Different, Observe, Copy&Twist
Saya percaya pada “copy&twist”, mantra yang saya pakai sejak dahulu. Kita tidak punya waktu lagi “reinvent the wheel”, kita membutuhkan mata dan otak yang tajam dalam observasi kita akan trend dan kesuksesan orang lain. Perjalanan keluar negeri semakin mudah murah, internet menyediakan semua jawaban apa saja. Meniru dari industri yang berbeda, dari dunia yang lain, dan menyesuaikannya untuk bisnis kita adalah mantra yang tepat jitu. Kita tetap harus kreatip dan beda dari pesaing kita, kita dapat lakukan dengan meniru dunia lain, dan menyesuaikannya untuk bisnis kita.
Choose Your Value
Priorities, 80/20, Focus
Tidak mungkin kita bisa menyediakan sebuah produk atau jasa yang paling berkwalitas, paling murah, paling bagus servisnya, paling bergengsi, beriklan paling banyak, dan seterusnya. Didunia yang competitive ini kita harus memilih hal kunci apa yang kita ingin tonjolkan. Jadilah yang terbaik di bagian yang anda pilih, hal itu sajalah yang anda harus selalu perkuat dan sempurnakan, lainnya asalkan memenuhi “standard” umum sudah cukup. Asalkan hal yang anda tonjolkan adalah hal yang konek dengan nilai nilai pelanggan anda, maka sukseslah anda.
Spend 20% on “Totally Different Thing”
Google’s Lesson, New Thing, Diffuse
Salah satu sukses google adalah karena strategi nya untuk membolehkan karyawannya menghabiskan 20% waktu nya untuk melakukan pekerjaan lain yang tidak ada hubungan apapun dengan tugas rutinnya. Sesuatu hal baru yang berbeda dengan pekerjaan rutin anda, yang anda lakukan karena “passion”, akan membuahkan sebuah hasil yang berbeda. Habiskan 20% waktu anda untuk hal baru, ini akan melebarkan kesempatan sukses anda. Rutinitas membunuh kreativitas dan kejemuan menghambat kesempatan baru yang mungkin akan tumbuh.
Doing Things
Just Do It, Ready-Shoot-Aim, Persistent
Rencana yang sebagus apapun, tidak akan menghasilkan apa apa bila tidak dinyatakan dalam tindakan. Walaupun nantinya kita akan berubah arah bisnis, atau akan menemui kegagalan, atau akan menghadapi kesulitan, kita tetap harus melakukan tindakan secara terus menerus untuk bisa sampai pada tujuan kesuksesan kita. Kita harus kuat secara constant menghadapi C-R-A-P (Criticism, Rejection, Assholes, Pressure) dan terus mengerjakan pekerjaan kita dengan penuh antusias. Hidup hanyalah perjalanan, yang ditaburi mimpi, diisi keberanian, dan dinyatakan dalam tindakan.
0 comments:
Post a Comment